Webinar Visiting Doctor Jurusan Ekonomi Syariah Sukses di Gelar dengan Tajuk "Peluang Kewirausahaan dalam Meningkatkan Ekonomi Umat"

 

Webinar Jurusan Ekonomi Syariah

Parambahan - Selasa, 14 Oktober 2020, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar, Alhamdulillah sukses menyelenggarakan Webinar Visiting Doctor dengan tema " Peluang Kewirausahaan dalam Meningkatkan Ekonomi Umat". Kegiatan Visiting Doctor ini merupakan agenda kegiatan tahunan yang ada di Jurusan. Pelaksanaan Kegiatan Visiting Doctor kali ini sedikit berbeda dari Visiting Doctor tahun-tahun sebelumnya yaitu dilaksanakan secara daring/online dalam bentuk seminar melalui web. Meskipun dimasa pandemi Covid-19, civitas akadmikan FEBI tetap optimis dapat menjalankan kegiatan rutin tahunan ini.

Kegiatan Webinar Visiting Doctor tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr. H. Rizal, M.Ag., CRP, serta dihadiri oleh Wakil Dekan 1 bidang akademik dan kelembagaan Bapak Dr. Nofrivul, SE., MM, Ketua Jurusan Ekonomi Syariah Bapak Gampito, M.Si, dan diikuti oleh 202 Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam dari berbagai semester. Pemateri dalam kegiatan Webinar Visiting doctor ini adalah bapak Dr. Muhammad Abduh, M.Sc selaku ketua Ikatan Minang Saiyo dari Melbourne Australia. 

Dekan FEBI Dr. H. Rizal, M.Ag., CRP

Dekan FEBI dalam sambutannya membuka acara tersebut memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti webinar, meskipun mahasiswa kuliah berada di Institut yang ada di kampung atau perdesaan, akan tetapi hal itu tidak menjadi hambatan bagi mahasiswa untuk maju dan berkembang selayaknya mahsiswa yang kuliah di perkotaan.

Pemateri menyampaikan bahwa untuk memulai berwirausaha yang dibutuhkan pertama kali adalah ide dan kemauan, sedangkan modal adalah yang terakhir. Dengan ide-ide berwirausaha akan mempu menjadi penyemangat utk memulai berwirausaha. Tahap selanjutnya bisa dengan mencari investor yang bisa diajak bekerja sama untuk menjalankan sebuah bisnis. Meskipun dilaksanakan secara daring melalui media zoom, akan tetapi  kegiatan webinar kali ini mahasiswa tetap antusias dan interaktif mengikuti webinar, dengan banyaknya mahasiswa yang mengajukan pertanyaan pada saat kegiatan berlangsung.

Diharapkan dengan adanya kegiatan webinar ini, mahasiswa terbuka wawasannya untuk berwirausaha dan mampu memunculkan ide-ide untuk memulai berwirausaha sejak dini.

Dr. Muhammad Abduh, SE., M.Sc




 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.