Pariwisata Syariah FEBI IAIN Batusangkar siap Hadapi Tantangan Adaptasi Destinasi Wisata Syariah

 

Penandatanganan MoU secara Virtual antara FEBI IAIN Batusangkar dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat

Parambahan - Jurusan Pariwisata Syariah IAIN Batusangkar mengadakan Webinar Visiting Doktor pada hari Kamis, 22 Oktober 2020 dengan tema “Peluang dan Tantangan Adaptasi Destinasi Syariah Menghadapi Perubahan Tren Pariwisata” mengahadirkan dua narasumber yang sangat menginspirasi dari segi birokrasi, akademisi dan praktisi.  Kegiatan webinar ini juga sekaligus dibuka oleh penandatangan MoU Fakultas Ekonomi Bisnis Islam IAIN Batusangkar dengan Dinas Pariwisata Sumatera Barat.


Penandatangan MoU secara virtual ini adalah tindak lanjut dari kunjungan jurusan ke Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat dimana kerjasama ini akan ditindaklanjuti dengan program-program stretegis untuk meningkatkan mutu jurusan Pariwisata Syariah. Kegiatan Webinar Visting Doktor ini dibuka oleh Dekan FEBI IAIN Batusangkar, Bapak Dr. H. Rizal, M.Ag., CRP yang menyambut hangat kerjasama ini dan berharap acara webinar ini sukses dan tentu dapat memotivasi mahasiswa untuk kedepannya sebagai lulusan yang excellent.

Acara yang dimulai dari jam 08.00 melalui zoom meeting ini berjalan dengan baik dengan pembicara pertama dari Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera H. Novrial, SE., MA.Ak dengan tema materi “Persiapan dan Perkembangan Destinasi Syariah Sumatera Barat dalam Perubahan Tren Pariwisata”. Pada webinar kali ini Bapak H. Novrial, SE, MA.Ak menyampaikan kini pariwisata sebagai penyeimbang social psikologis dan juga sebagai identitas dan status, hal ini tergambarkan disaat menuju akhir pekan yang dipersiapkan adalah rencana untuk perjalanan. Pada webinar ini juga disampaikan peningkatan kualiatas pariwisata bukan hanya memikirkan kuantitas tetapi kualitas tetap dikedepankan salah satunya dengan menghindari tiru-tiruan dan mengembangkan event-event budaya yang khas dimana disini pariwisata bukan hanya sekedar berkunjung tetapi juga ada nilai experience nya.



Selanjutnya, webinar visiting doktor ini juga dilanjutkan oleh pemateri dari Direktur Politeknik Pariwisata Lombok, Dr. H. Hamsu Hanafi, MM dengan tema Strategi Persiapan Destinasi Syariah dalam Adaptasi Perubahan Tren Pariwisata, pemateri ke 2 juga tidak kalah menariknya dengan memberikan inspirasi dan peluang pada destinasi syariah dimana ada hal-hal yang perlu di persiapkan dalam mewujudkan pariwisata halal terutama di daerah Sumatera Barat yang sangat identik dengan syariat Islam.

Kegiatan webinar yang berlangsung dengan baik yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa  terlaksana dengan sangat antusias dengan jumlah peserta 90 orang dan ditutup dengan closing statement oleh Dekan FEBI IAIN Batusangkar, Dr. Rizal, M.Ag., CRP yang sekaligus menutup kegiatan ini. Diharapkan kedepannya kegiatan kajian pariwisata dengan webinar ini bisa terus berlanjut setiap bulannya sehingga dapat mewujudkan FEBI Exchellent.






Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.