Hadiri Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Gathering, Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar Terima Penghargaan


Foto bersama Galeri Investasi Berprestasi didampingi Otoritas Jasa Keuangan
 dan Bursa Efek Indonesia
 
Padang - Kegiatan Galeri Investasi (GI) Bursa Efek Indonesia Gathering merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Barat. Pertemuan tersebut diselenggarakan pada hari Kamis, 5 Maret 2020 dan mengundang semua pengurus Galeri Investasi BEI yang ada di Sumatera Barat dengan pembukaan kegiatan langsung oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumatera Barat Bapak Misran Pasaribu. Kegiatan yang diadakan di Hotel Kyriad Bumi Minang ini membahas tentang evaluasi dan program kerja  ke depan sekaligus memberikan apresiasi kepada semua pengurus GI atas kerja keras dalam memajukan pasar modal Indonesia melalui kegiatan literasi dan inklusi pasar modal. Pada kesempatan ini, Bursa Efek Indonesia juga memberikan piagam penghargaan kepada Galeri Investasi dengan 4 kategori penilaian yaitu kategori nilai transaksi tertinggi, kegiatan edukasi terbanyak, jumlah pengunjung terbanyak dan investor terbanyak selama tahun 2019.

Alhamdulillah dari empat kategori penghargaan tersebut, Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar menerima dua penghargaan dari Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Barat. Penghargaan tersebut untuk kategori Kegiatan dan Jumlah Investor Terbanyak. Serah terima penghargaan dilakukan langsung oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bapak Misran Pasaribu dan Wakil Dekan 1, Ibu Elfina Yenti, SE., Ak., M.Si., CA mewakili Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar dan ibu Mirawati, MA.,Ek selaku penanggungjawab Galeri Investasi Syariah.

Penyerahan Piagam Penghargaan Kategori Terbaik dari Kepala OJK Bapak Misran Pasaribu kepada Wakil Dekan 1, Ibu Elfina Yenti SE., Ak., M.Si., CA
Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Barat atas prestasi dan kerja keras jajaran pengurus dan tim GISBEI FEBI IAIN Batusangkar. Selama tahun 2019, GISBEI FEBI IAIN Batusangkar telah berhasil melaksanakan 143 kegiatan diikuti oleh GI Politeknik Negeri Padang sebanyak 135 kegiatan. Kegiatan tersebut meliputi kegiatan literasi dan edukasi seperti sekolah pasar modal, edukasi dan sosialisasi pasar,  modal, aktivasi investor, pratikum investasi serta konsultasi riset/penelitian di bidang pasar modal. Selain itu, juga terdapat beberapa kegiatan partisipasi dalam kompetisi yang diikuti oleh Mahasiswa/i tingkat provinsi maupun nasional.

Tidak hanya terbaik pada kategori jumlah kegiatan, akan tetapi GISBEI FEBI IAIN Batusangkar juga berhasil melahirkan investor baru di tahun 2019 dengan pembukaan rekening efek mencapai 496 orang. Tentu, capaian prestasi dan apresiasi yang diberikan menjadi motivasi bagi segenap pengurus GISBEI di Sumatera Barat khususnya GISBEI FEBI IAIN Batusangkar untuk terus meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal di lingkungan masyarakat. "Karena semua orang berhak tahu tentang pasar modal. Semua orang berhak mendapatkan akses ke pasar modal", ujar Early Saputra selaku Kepala Kantor Bursa Efek Indonesia dalam pidatonya”.
Penerimaan Penghargaan kategori Investor terbanyak oleh Ibuk Mirawati, MA.Ek
Apresiasi yang sama juga diberikan Bursa Efek Indonesia kepada beberapa Galeri Investasi (GI) lainnya seperti GI universitas Negeri Padang - Juara 2 GIBEI Awards 2019 sekaligus GI dengan nilai transaksi tertinggi yakni > 12 milyar selama tahun 2019. Posisi terbaik kedua diraih oleh GI UPI YPTK di kisaran 5 Milyar dengan jumlah kunjungan terbanyak. GIS FEBI IAIN Batusangkar menduduki posisi ke-3 dengan nilai transaksi 1,2 milyar selama tahun 2019.

Mengetahui hal tersebut, Kepala OJK, bapak Misran Pasaribu ikut bangga dan memberikan apresiasi kepada semua GI yang ada di Sumatera Barat. Harapannya kedepan, mahasiswa/i yang kompeten di pasar modal melalui pemanfaatan Galeri Investasi Syariah di kampus masing-masing menjadi para profesional di pasar modal Indonesia. "Galeri Investasi berada di garda depan yang berperan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pasar modal", ujar beliau dihadapan semua perwakilan pengurus GI yang hadir. Tentu, kedepan akan banyak tantangan yang harus dihadapi dalam meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal. Meskipun begitu, GI di Sumatera Barat diharapkan terus berupaya menjadi lebih baik.. dan lebih banyak lagi memberikan manfaat kepada masyarakat terkait dengan investasi maupun peluang karir di pasar modal.” Ujar Misran dalam pidatonya.

Sekali lagi, terimakasih kepada semua pihak yang selalu memberikan dukungan baik secara materi maupun moral terhadap Galeri Investasi Syariah terutama jajaran pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar, Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Barat, Indopremier Sekuritas, Pembina GIS serta teman teman mahasiswaserta pihak lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu. 

Salam Literasi Pasar Modal dari Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jaya terus IAIN Batusangkar. Aamiin ya robbal ‘alamiin.
 
 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.