Sabtu, 20 Oktober 2018

TINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN, FEBI ADAKAN WORKSHOP PENYUSUNAN ANJAB, ABK, DAN SOP



Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar pada Jumat 19-21 Oktober 2018 adakan workshop penyusunan ANJAB (Analisis Jabatan), ABK (Analisis Beban Kerja), dan SOP (Standar Operasional Prosedur) dengan tema "Menuju Pengelolaan Fakultas yang Efektif, Efisien, Transparan dan Profesional. Kegiatan ini cukup penting untuk menunjang dan meningkatkan kualitas layanan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FEBI besera Wakil Dekan, Kabag, Kasubbag, Ka. Labor, Ketua Jurusan beserta Staf Administrasi yang ada pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar dengan menghadirkan Narasumber Prof. Dr. Yasri, MS dari Universitas Negeri Padang. Beliau kelahiran Pasaman 3 Maret 1963 saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Pengembangan Bisnis Pada Universitas Negeri Padang (UNP).
Peserta Workshop Penyusunan ANJAB, ABK, dan SOP Layanan Fakultas

Pemateri juga merupakan salah seorang Guru Besar yang dimiliki UNP dibidang Pemasaran dengan konsentrasi Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Riwayat pendidikan beliau S1 di IKIP Padang Pendidikan Ekonomi sedangkan S2 dan S3 beliau tamatkan di Universitas Padjajaran.

Acara yang berlangsung di Hotel Royal Denai ini dibuka langsung oleh Dekan Dr. Ulya Atsani, SH., M.Hum. Dalam sambutannya menurut Dr. Ulya Atsani,SH., M.Hum, merupakan suatu kegiatan yang strategis bagi aspek institusi kita sebagai pengelola dapat berjalan dengan baik. Disamping itu Ulya juga mengatakan bahwa kita yakin dan percaya dengan arahan dan ajaran dari Prof. Dr. Yasri, MS, yang akan kita kerjakan besok dapat berjalan dengan lancar dan hendaknya selesai pada hari itu juga.

Selanjutnya Yasri, MS menjelaskan analisis jabatan terbagi atas 2 rincian yaitu uraian jabatan dan spesifikasi jabatan. Uraian jabatan juga terdiri dari Analisis beban kerja, perencanaan pegawai, rekrutmen dan seleksi. jadi setiap pengusulan pegawai/karyawan harus sesuai dengan analisis jabatan yang dibutuhkan. Begitupun untuk menempati suatu posisi, seseorang tersebut harus memenuhi spesifikasi/kualifikasi pada posisi yang akan ditempati tersebut. Kegunaan informasi dari analisis jabatan dimulai dari rekrutmen dan seleksi, program latihan dan pengembangan sampai dengan yang terakhir melakukan orientasi pada karyawan tersebut.

Sedangkan SOP menurut penuturan Yasri, MS adalah pedoman yang berisi prosedur-prosedur operasional standar yang ada dalam suatu organisasi yang digunakan untuk memastikan bahwa setiap keputusan, langkah, atau tindakan dan penggunaan fasilitas pemrosesan dilaksanakan oleh orang-orang di dalam suatu organisasi telah berjalan secara efektif, konsisten, standar, dan sistematis. SOP bersifat tertulis, menjelaskan secara singkat langkah demi langkah dan dalam tampilan yang mudah dibaca dan dipahami. Oleh sebab itu kita harus memberikan pelayanan yang terbaik terhadap pengguna layanan.

Diharapkana dari kegiatan ini tersusunnya dokumentasi ABK, Anjab dan SOP Layanan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang menjadi panduan dan acuan dalam pelaksanaan kerja-kerja harian sehingga bisa menopang pencapain visi dan misi dari Fakultas.

Berikut dokumentasi suasana diskusi  Penyusunan ANJAB, ABK, dan SOP Layanan Fakultas











Share:

0 komentar:

Posting Komentar