Rabu, 29 Agustus 2018

Jurusan Manajemen Informatika Adakan Visiting Doctor bersama Dr. Yuhefizar, M.Kom




Rabu, 29 Agustus 2018, Jurusan Manajemen Informatika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar mengadakan acara Visiting Doctor dengan Dr. Yuhefizar, M.Kom sebagai narasumber. Penulis buku dan asesor kompetensi ini adalah seorang dosen tetap Politeknik Negeri Padang pada Jurusan Teknologi Informasi dan juga koordinator Akademi Komunitas Negeri Tanah Datar.

Berbicara tentang teknologi tidak akan ada habisnya. Setiap waktu akan ada saja inovasi-inovasi terbaru dari dunia teknologi itu sendiri. Inovasi yang ada tersebut haruslah kita manfaatkan sebaik-baiknya. Layaknya dalam media sosial, banyak informasi-informasi yang terkadang bersifat hoax. Dr. Yuhefizar, M.Kom menyebutkan bahwa hoax merupakan material informasi yang direkayasa untuk menutupi informasi yang sebenarnya serta upaya pemutarbalikan fakta melalui proses pembacaan dengan informasi yang meyakinkan tetapi tidak dapat diverifikasi. Oleh karena itu, kita sebagai pengguna media sosial haruslah bisa menyaring informasi-informasi tersebut, mana informasi yang bersifat baik dan bersifat buruk. Bagikanlah informasi-informasi yang sekiranya bermanfaat untuk orang banyak, imbuhnya dihadapan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar.

Teknologi sesungguhnya memberikan banyak manfaat positif bagi penggunanya. Teknologi memungkinkan terciptanya dunia yang borderless dan manusia dapat mengakses berbagai informasi dan ilmu pengetahuan yang dapat memunculkan berbagai ide dan mendatangkan berbagai inspirasi. Terciptanya inspirasi dan ide akan menciptakan berbagai inovasi dan peluang di masa depan. 

Contohnya adalah bisnis-bisnis start-up yang sedang berkembang pesat akhir-akhir ini. Startup merupakan kata serapan dari bahasa inggris yang menunjukkan sebuah bisnis yang baru dirintis dan baru mullai berkembang. Startup saat ini identik dengan bisnis yang berbasis teknologi, web, internet, mobile, dan yang terkait dengan hal tersebut. Seluruh bisnis yang berkembang di internet saat ini dimulai dari sebuah startup.

Dalam menciptakan ide bisnis start-up tersebut Yuhefizar menyebutkan perlunya melakukan riset terhadap bisnis dan produk yang akan dikembangkan, belajar dari kekurangan pesaing, mencari tau apa yang dikeluhkan konsumen, berpikir out of the box, mulai dari hobi dan keahlian yang dimiliki, kemudian mempelajari dan amati produk yang sedang trend atau disukai konsumen. Begitu juga dengan cara mendetailkan bidang usaha yang kita miliki, kita harus memiliki ide/pikiran, tenaga, waktu dan uang, ucap yuhefizar dihadapan mahasiswa. Dalam Bisnis Start-up yang paling mahal itu adalah idenya, jadi mahasiswa harus lebih kreatif daripada dosennya, sambung Yuhefizar.





Share:

0 komentar:

Posting Komentar