Rabu, 29 Agustus 2018

Aplikasi Ipot Bantu Investor Pemula Cerdas Bertransaksi Saham di Pasar Modal

Rabu, 29 Agustus 2018

Training aplikasi Indopremier Online Technology (IPOT) merupakan kegiatan edukasi lanjutan yang difasilitasi oleh Indopremier Sekuritas dan Galeri Investasi Syariah IAIN Batusangkar. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa jurusan akuntansi dan umum. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan cara bertransaksi saham kepada investor pemula. Karena sebelumnya mereka telah dibekali dengan pengetahuan teoritis terkait dengan pasar modal dan investasi oleh PT. Bursa Efek Indonesia. Lagipula ini adalah kegiatan rutin bersifat lanjutan yang diberikan kepada setiap investor baru. Adapun untuk mengikuti training ini, peserta harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi IPOT baik untuk versi android, PC/Laptop.
Pada sesi ini, peserta (investor pemula) langsung login di aplikasi IPOT menggunakan USER ID dan password yang telah diterima via email. Kemudian, peserta akan dipandu oleh trainer untuk menggunakan berbagai menu dan fitur yang ada diaplikasi. Beberapa menu utama yang dipelajari adalah menu “Buy Order” atau pemesanan saham, “Sell Order”atau order penjualan dan charting atau grafik historis harga saham. Menu-menu tersebut ibarat jantung dari aplikasi online trading di setiap sekuritas. Sehingga goal dari kegiatan ini adalah para investor dapat nantinya pahammenggunakan aplikasi online trading dan melakukan transaksi saham meskipun tidak lagi berada di lingkungan kampus. 

Di sela-sela menyampaikan teknik menggunakan aplikasi IPOT, trainer juga disampaikan informasi tipe tipe investor di pasar modal.Diantaranya ada tipe investor jangka panjang (long term), swing trader, trend follower dan intraday trader. 
untuk teman-teman pemula, bagusnya jadi trend follower, beli sahamnya yang trennya naik (bullish), bukan berarti harga sahamnya naik setiap hari, tapi kecenderungan harga dalam rentang waktu tertent, biasanya satu tahun selalu naik” ujar trainer yang biasa dipanggil bg fandi Akhmad.
beliau melanjutkan,“investasi ituharus dibiasakan sejak dini, jangan tunggu bekerja terlebih dahulu, jika sudah diajarkan sejak dini bijak berinvestasi, maka ketika sudah bekerja  sudah tidak susah lagi untuk menyisihkan uangnya untuk investasi”.
 




(peserta training terlihat fokus mempelajari aplikasi Online Trading dari IPOT baik via gadget, Laptop maupun komputer)

Jadi yuk menjadi investor muda indonesia, seperti mereka. Sebagai generasi millenial, kita harus belajar investasi bijak sejak dini untuk masa depan yang lebih baik. Cukup dengan Rp 100.000 kita bisa memulai untuk nabung dan berinvestasi di perusahaan nasional.


Jangan lupa follow akun instagram Galeri Investasi Syariah @gisbeiiainbatusangkar ,,
Happy Investing!

 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar